Jumat, 16 Juli 2010

IMAM YANG TEGAS......................

Suami harus mendidik istre dengan lemah lembut dan harus mampu memeprbaiki kesalahn istri.Rumah tangga membutuhkan imam yang untuk mengarahkan rumah tangga.
Laki2 adalah pemimipion bagi perempuan(an nisaa;34)

Sebuah penegasaan yang istemewa dalam alquran bwt kaum adam.Keistimewaa ini bukan semata2 hak istimewa melaikan tangggungb jawab besar trhadap dirinya dan kluarga.
Figur pemimpin yang diemban laki2 merupakan bekal awal mengarahkan biduk menjdi kluarga sakinah
.Dalam ayat tersebut bahwa kepempinnan(al qowamah)diterapakn dalam mendidik dirinya,istrinya,keluarganya dan masysrakat.Bentuk al qowammah yang wajib yang harus dimikliki suamiya adalah tegas terhadaop istrinya dalam urusan agama dan duaniawi.

Seorang suami diperintahkan uuntuk menasihati keluarganya dengan kebaikan2 dan mencegah mereka berbuat kemnungkaran.Sebagiamana firman Alljh :
Dan perintahkanlah kepda kluargamu untuk sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakanya.Kami tidak memeinta rejeki kepdamu,dan akibat yang baik bagi orang yang bertaqwa.(thaha;132)

Menikah mentyatukan 2 karakter yang berbeda dituntut kompromi dalam RT, kunci pokok keberhasilan mengendalikan kluarga sesuai dengan awal tujuan pernikahan.
Kareakter seseorang tidak mudah diubah dan memaksakan suatu karakter pada pasangan hanya akan menmicu pertengkaran sepanjang pernikahaan.

Mendidik dan mengajari istri menjadi hal mutlak jk isrie tdk sesuai dengan tuntunan.
Tegas dalm mengembleng istri tidak harus slalu dengn sikap keras apalagi kasar.Sikap tegas dapat ditujukan dengan bertindak lemah lembut dan persuasif.

Dan ketika sauami punya waktu dirumah ,dimaanfaatkan untuk meemberi pengajaran dan pendidikan serta belajar bersama pasangan tentang hal2 yang mereka butuhkan,baik dalam kehiduopan agama,pernikahan ataupun masyarakat.
Suami yang memeiliki sifat qowama dalah suami yang menyaayngi istri,mendidik dan bertangugungbjawb trhadp keluarga

Maka sebagi pemimpin RT harus meemilik ilmun pengetauan agama ,mental dan kepribadian yang matang merupakan modal dalam awal menbangun biduk,selain mampu menefkai lahir dan batin

Tidak ada komentar: